Purba, Lina Veronica (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWAKELAS XI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4111531003 Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 4111531003 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. 4111531003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. 4111531003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. 4111531003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. 4111531003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. 4111531003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 4111531003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
9. 4111531003 BAB I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
13. 4111531003 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
14. 4111531003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa yang
dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis media powerpoint
lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran Direct Instruction berbasis media powerpoint pada
materi larutan penyangga dan untuk mengetahui motivasi pembelajaran inkuiri
terbimbing berbasis media powerpoint pada materi larutan penyangga. Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen dan desain penelitian ini adalah Pretest-
Posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangun Purba yang berjumlah 2 kelas. Pengambilan
sampel dilakukan sampling total yaitu kelas XI A sebanyak 32 orang sebagai
kelas eksperimen I dan kelas XI B sebanyak 33 orang sebagai kelas eksperimen II.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes
objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas Eksperimen I diberi
pengajaran dengan pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas Eksperimen II
diberi pegajaran dengan pembelajaran DI. Dari hasil penelitian, untuk kelas
Inkuiri terbimbing diperoleh nilai rata-rata 75,63 sedangkan untuk kelas DI adalah
69,1. Pada kelas eksperimen I diperoleh persen peningkatan hasil belajar sebanyak
63,02 %, sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh persen peningkatan hasil
belajar sebanyak 60,98 %. Dari perhitungan korelasi didapat rhitung yaitu 0,017.
Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa dengan hasil belajar kimia siswa
yang dibelajarkan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis
powerpoint pada pokok bahasan larutan penyangga sangat rendah. Data kedua
kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga
diperoleh hasil uji t dengan thitung > ttabel (3,12 > 1,67) yang berarti Ha diterima dan
Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa
dengan pembelajaran Inkuiri terbimbing berbasis media powerpoint lebih baik
dibanding dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan
model pembelajaran Direct Instrucsion berbasis media powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 019 |
Keywords: | Motivasi, Media Pembelajaran, Sifat Larutan Penyangga |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 02:30 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22206 |