Sitanggang, Siti Dahlia (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) DENGAN MENGGUNAKAN LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 SATU ATAP SOSORGADONG T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 408311047 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 408311047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM. 408311047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 408311047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 408311047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
6. NIM. 408311047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
7. NIM. 408311047 TABLES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM. 408311047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
9. NIM. 408311047 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
13. NIM. 408311047 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM. 408311047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan
untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satu
Atap Sosorgadong pada Materi pecahan dengan menggunakan Model investigasi
kelompok Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satu
Atap Sosorgadong yang berjumlah 39 orang dan objek penelitian ini adalah
penggunaan model investigasi kelompok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada materi pecahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
tes, observasi, dan wawancara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satu
Atap Sosorgadong yang berjumlah 39 orang, yang terdiri dari 19 orang siswa lakilaki
dan 10 orang siswa perempuan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah
pembelajaran menggunakan model investigasi kelompok dengan menggunakan
LKS pada Materi pecahan.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dari 39 siswa terdapat 34 siswa
yang mencapai skor 65% dan 5 orang siswa yang mencapai skor < 65%. Dan
dari hasil tes belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa 75,12. Berdasarkan kriteria
keefektifan pembelajaran yang terpenuhi yakni: 1) Ketuntasan belajar siswa
secara klasikal dan individu mencapai 89% yang memperoleh nilai 65 dan siswa
lainnya atau 11% memperoleh nilai < 65, maka pembelajaran ini dikatakan tuntas
2) Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria sedang, maka
pembelajaran ini dikatakan telah tercapai, 3) Hasil observasi pembelajaran
berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menerapkan model investigasi kelompok berbantuan LKS efektif
digunakan dalam pembelajaran materi pecahan.
Dari hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa diperoleh hasil
pengamatan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama, kedua,ketiga dan
keempat adalah 65,48; 68,58;74,14;dan 75,53. Rata-rata hasil pengamatan
aktivitas belajar siswa 70,93. Berdasarkan kriteria keaktifan belajar siswa dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model investigasi
kelompok berbantuan LKS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 003 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, LAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 01:38 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22199 |