Ginting, Sanhed (2006) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DASAR EVALUASI HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN ANALISIS INSTRUKSIONAL DENGAN MENGAJARKAN EFEKTIF GURU SMP NEGERI SE-KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
025020126- Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (782kB) | Preview
025020126- Abstrak.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
025020126- Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
025020126- Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
025020126- Bab V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
025020126- Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) pengetahuan dasar evaluasi hashi belajar dengan mengajar efektif guru, (2) kemampuan analisis instruksional dengan mengajar efektif guru, dan (3) pengetahuan dasar evaluasi hasil belajar dan kemampuan analisis instruksional secara bersama dengan mengajar efektif guru.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Se-Kota Binjai. Populasi penelitian ini adalah semua guru-guru SMP Negeri Se-Kota Binjai yang banyaknya 152 orang. Sampel penelitian banyaknya 38 prang yang dipilih secara random berdasarkan lokasi sekolah.Data variabel dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor pengetahuan dasar evaluasi basil belajar (X1), skor kemampuan analisis instruksional (X2), dan skor mengajar efektif guru (Y). Untuk memperoleh data tersebut digunakan instrumen tes pengetahuan dasar evaluasi basil belajar, tes kemampuan analisis instruksional, dan tes mengajar efektif guru. Sebelum ketiga instrumen ini digunakan terlebih dahulu divalidasi isi oleh pakar, dan diujicobakan untuk mengetahui reliabelitas dan vaI i d tas instrumen.Hasil uji Liliefors bahwa data galat taksiran regresi pengetahuan dasar evaluasi hasit belajar terhadap mengajar efektif guru, dan data galat taksiran kemampuan analisis instruksional terhadap mengajar efektif adalah berdistribusi normal. Hasilanalisis varians bahwa persamaan regresi Y atas X1 yaitu Y = 8,998 + 0,72X, danpersamaan regresi Y atas X2 yaitu Y= 12, 53 +0, 31 X2 adalah tinier dan berarti.Hasil analisis regresi tinier ganda dan korelasi parsial diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif antara pengetahuan dasar evaluasi basil belajar dan kemampuan analisis instruksional dengan mengajar efektif guru. Hal ini dilihat dari(1) persamaan regresi ganda f = 0,14 + 0,57 X1 + 0,23 X2 tinier dan berarti, (2) koefisien a1 dan a2 berpengaruh positif secara signifikan, (3) koefisien korelasi tinier ganda Ry12 = 0, 740 adalah signifikan dengan kontribusinya scbesar 54, 69 %.Secara parsial terdapat hubungan yang positif antara pengetahuan dasar evaluasi basil belajar dengan mengajar efektif guru dan terdapat hubungan yang positif antara kemampuan analisis instruksional dengan mengajar efektif guru. Hal ini dapat dilihat dari (1) koefisien korelasi parsial ry 2 = 0, 549 adalah signifikan dengan kontribusinya 30,1 %, (2) koefisien korelasi parsial Ty21 = 0, 74 adalah signifikan dengan kontribusinya 54, 82 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.144 Gin h |
Keywords: | Analisis Instruksional; Evaluasi Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2219 |