Darma, Mahrani (2015) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI SEBARAN BARANG TAMBANG INDONESIA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3103131041 Judul.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. 3103131041 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
3. 3103131041 Abstrak.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. 3103131041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. 3103131041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 3103131041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. 3103131041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. 3103131041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
10. 3103131041 BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
15. 3103131041 BAB VI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. 3103131041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran STAD dan NHT di kelas XI IPS SMAN 11 Medan pada materi Sebaran Barang Tambang di Indonesia, (2) Apakah penerapan model Pembelajaran STAD dan NHT ini dapat disesuaikan dengan pendekatan saintifik.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 11 Medan dan sampel penelitian ini siswa kelas XI IPS 1 dan siswa kelas XI IPS 2 pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Tehnik analisa datanya menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat kendala dalam penerapan Model STAD yaitu masih kurang kondusifnya kelas dan masih terdapat siswa pasif. sedangkan kendala dalam penerapan model NHT yaitu masih kurang kondusifnya kelas, keberanian siswa masih kurang dalam memeberikan tanggapan dikarenakan terbiasa pasif didalam kelas dan belum terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, masih terdapat siswa yang tidak terpanggil nomornya. (2) Hasil penelitian menjelaskan bahwa model pembelajaran STAD dan NHT dilihat dari partisipasi siswa yaitu STAD memperoleh skor 3,56 dan NHT memperoleh skor 3,41 dapat dikatakan cukup sesuai dengan pendekatan saintifik namun belum baik dalam penerapannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 GEO 052 |
Keywords: | Proses Pembelajaran, Kuis, STAD |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 03:27 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22179 |