ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI SEBARAN BARANG TAMBANG INDONESIA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Darma, Mahrani (2015) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI SEBARAN BARANG TAMBANG INDONESIA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 3103131041 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 3103131041 Judul.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 2. 3103131041 Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 3103131041 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview
[thumbnail of 3. 3103131041 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 3103131041 Abstrak.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 4. 3103131041 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 3103131041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 5. 3103131041 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 3103131041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. 3103131041 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 3103131041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 7. 3103131041 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 3103131041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 8. 3103131041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 3103131041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 10. 3103131041 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. 3103131041 BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of 15. 3103131041 BAB VI.pdf]
Preview
Text
15. 3103131041 BAB VI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 9. 3103131041 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9. 3103131041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran STAD dan NHT di kelas XI IPS SMAN 11 Medan pada materi Sebaran Barang Tambang di Indonesia, (2) Apakah penerapan model Pembelajaran STAD dan NHT ini dapat disesuaikan dengan pendekatan saintifik.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 11 Medan dan sampel penelitian ini siswa kelas XI IPS 1 dan siswa kelas XI IPS 2 pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Tehnik analisa datanya menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat kendala dalam penerapan Model STAD yaitu masih kurang kondusifnya kelas dan masih terdapat siswa pasif. sedangkan kendala dalam penerapan model NHT yaitu masih kurang kondusifnya kelas, keberanian siswa masih kurang dalam memeberikan tanggapan dikarenakan terbiasa pasif didalam kelas dan belum terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, masih terdapat siswa yang tidak terpanggil nomornya. (2) Hasil penelitian menjelaskan bahwa model pembelajaran STAD dan NHT dilihat dari partisipasi siswa yaitu STAD memperoleh skor 3,56 dan NHT memperoleh skor 3,41 dapat dikatakan cukup sesuai dengan pendekatan saintifik namun belum baik dalam penerapannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 GEO 052
Keywords: Proses Pembelajaran, Kuis, STAD
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Dec 2016 03:27
Last Modified: 19 Dec 2016 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22179

Actions (login required)

View Item
View Item