Wafidatunnur (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) KOLABORASI DENGAN CONCEPT MAPPING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA AL-HIDAYAH MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
3103131077. Cover. pdf.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
3103131077. Lembar Pengesahan. pdf.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3103131077. Abstrak. pdf.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
3103131077. Kata Pengantar. pdf.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3103131077. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
3103131077. Daftar Gambar. pdf.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
3103131077. Daftar Tabel. pdf.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
3103131077. Daftar Gambar. pdf.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
3103131077. BAB I. pdf.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3103131077. BAB VI. pdf.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
3103131077. Daftar Pustaka. pdf.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) kolaborasi dengan Concept Mapping .(2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) kolaborasi dengan Concept Mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dengan menggunakan lembar observasi dan komunikasi tidak langsung dengan menggunakan LKS dan Post tes. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, (1) aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan yaitu sebesar 25, 61% dimana pada siklus I sebesar 58,61% meningkat menjadi 84,22% pada silkus II. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 41,94% meningkat menjadi 87,09% yakni mengalami peningkatan sebesar 45,15%. (3) dari data-data yang dihasilkan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tipe Team Assisted Individualization (TAI) kolaborasi dengan Concept Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Al-Hidayah Medan. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan aktivitas belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Dec 2016 02:09 |
Last Modified: | 17 Dec 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22139 |