PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) KOLABORASI DENGAN CONCEPT MAPPING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA AL-HIDAYAH MEDAN T.A 2014/2015

Wafidatunnur (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) KOLABORASI DENGAN CONCEPT MAPPING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA AL-HIDAYAH MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3103131077. Cover. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. Cover. pdf.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. Lembar Pengesahan. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. Lembar Pengesahan. pdf.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. Abstrak. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. Abstrak. pdf.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. Kata Pengantar. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. Kata Pengantar. pdf.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3103131077. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. Daftar Gambar. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. Daftar Gambar. pdf.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. Daftar Tabel. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. Daftar Tabel. pdf.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. Daftar Gambar. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. Daftar Gambar. pdf.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. BAB I. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. BAB I. pdf.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. BAB VI. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. BAB VI. pdf.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 3103131077. Daftar Pustaka. pdf.pdf]
Preview
Text
3103131077. Daftar Pustaka. pdf.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) kolaborasi dengan Concept Mapping .(2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) kolaborasi dengan Concept Mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dengan menggunakan lembar observasi dan komunikasi tidak langsung dengan menggunakan LKS dan Post tes. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, (1) aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan yaitu sebesar 25, 61% dimana pada siklus I sebesar 58,61% meningkat menjadi 84,22% pada silkus II. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 41,94% meningkat menjadi 87,09% yakni mengalami peningkatan sebesar 45,15%. (3) dari data-data yang dihasilkan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tipe Team Assisted Individualization (TAI) kolaborasi dengan Concept Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Al-Hidayah Medan. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan aktivitas belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Dec 2016 02:09
Last Modified: 17 Dec 2016 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22139

Actions (login required)

View Item
View Item