Aruan, Sukarni Putri (2016) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IS SMA TRISAKTI LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341111 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 7123341111 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM 7123341111 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM 7123341111 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM 7123341111 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 7123341111 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM 7123341111 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 7123341111 BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
12. NIM 7123341111 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
13. NIM 7123341111 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi guru dan fasilitas belajar
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IS SMA
Trisakti Lubuk Pakam pada mata pelajaran ekonomi T.A 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Trisakti Lubuk
Pakam T.A 2016/2017 yang berjumlah 96 orang, sedangkan teknik pengambilan sample dalam
penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu seluruh siswa kelas XI IS SMA Trisakti
Lubuk Pakam T.A 2016/2017yang berjumlah 96 orang.teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dengan obesrvasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket
menggunakan rumus korelasi product moment, realibilitasnya dihitung dengan menggunakan
rumus cronbach alpha teknik analisis data yang digunkakan adalah regresi linear berganda, uji t
dan uji F.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 18.0. diperoleh
persamaan regresi linear berganda Y= 1.205+20.497+23.273. selanjutnya variabel kompetensi
guru (X1) memiliki pengaruh yang positif secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan
nilai thitung >ttabel ( 23.273 > 1.986)dan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap
prestasi belajar siswa dengan nilai sig<0.05 atau (0.001<0.05), sementara fasilitas belajar (X2)
tidak memeliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar
siswa dengan nilai sig>0.05(0.065>0.05). secara bersama-sama kompetensi guru dan fasilitas
belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung>Ftabel
(637.787>0.1698) dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan
nilai sig<0.05 atau (0.000<0.05).
Pihak sekolah harus memperhatikan pengadaan dan pemanfaatan kompetensi guru
disekolah dan kepada guru supaya mengembangkan kompetensinya supaya peserta didik mampu
memperoleh prestasi belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 125 |
Keywords: | Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 02:22 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22008 |