Purba, Novida Masriaty (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJARKEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK FREE METHODIST 2 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341078 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 7123341078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
4. NIM 7123341078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. NIM 7123341078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 7123341078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
6. NIM 7123341078 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 7123341078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7123341078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
12. NIM 7123341078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM 7123341078 BIBLIOGRPHY.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Tutor Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa kelas X Di SMK Free Methodist Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas X yang terdiri dari X Akuntansi dan TKJ(Teknik Komputer Jaringan). Dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa dari populasi tersebut yaitu kelas X Akuntansi 30 orang dan X TKJ 30 orang. Kelas X Ak sebagai Kelas Eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Tutor Teman Sebaya dan X TKJ sebagai kelas Eksperimen 2 dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan ulangan harian 1 dan 2 siswa. Teknik analisis data yang dignnakan adalah uji normalitas yaitu untuk mengetahu normal tidaknya data penelitian tiap variabel, uji homogenitas untuk mengetahui apakah sampel yang diambil homogen atau tidak dan di uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak dengan menggunakan rumus uji t.
Hasil uji statisik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tutor Teman Sebaya dengan rata –rata 80,00 lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rata-rata 73,50. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu thitung>ttabel (4,961 > 2,002) maka hipotesis diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Tutor Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa kelas X Di SMK Free Methodist Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 036 |
Keywords: | Problem Based Learning berbasis Tutor Teman Sebaya, Problem Based Learning, Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 10:11 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21999 |