Damanik, Yesni Riana (2016) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN X AP SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341126 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 7123341126 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
4. NIM. 7123341126 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM. 7123341126 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 7123341126 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 7123341126 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7123341126 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7123341126 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7123341126 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM. 7123341126 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7123341126 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas x AP SMK Negeri 1 Jorlang Hataran T.P 2015/2016 .
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jorlang Hataran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 50 orang dan sampel berjumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru berupa angket yang berjumlah 20 soal dan untuk kemandirian belajar 20 soal. Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah uji validatas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing- masing variabel 20 instrument hasilnya untuk angket kompetensi guru terdapat 5 item tidak valid dan untuk angket kemandirian belajar 20 item valid secara keseluruhan. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,843> 0,235 (r11> rtabel) untuk kompetensi guru dan 0,743> 0,235 (r11> rtabel) untuk kemandirian belajar. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 19,347 + 0,505X1 + 0,459X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru (X1) dan kemandirian belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai thitung> ttabel untuk variabel kompetensi guru yaitu 7,820>1,299 dan untuk variabel kemandirian belajar yaitu 6,234>2,042, dan untuk uji simultan (f) diperoleh Fhitung sebesar 92,158 dan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar berarti Fhitung>Ftabel (92,158>3,20 ).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dan kemandirian belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XAP SMK Negeri 1 Jorlang Hataran T.P 215/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 030 |
Keywords: | Kompetensi Guru, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 09:58 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21997 |