Azudya, Arisa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121142003_COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7121142003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
4. NIM. 7121142003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM. 7121142003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 7121142003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 7121142003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7121142003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7121142003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7121142003_BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM. 7121142003_BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM. 7121142003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
Akuntansi siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model
pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan hasil belajar
akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Langsung pada siswa kelas
XI IPS SMA Negeri 6 Medan T.P. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA. Negeri 6 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Medan yang
berjumlah 76 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Tenik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur
hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal.
Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang
dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model
pembelajaran Double Loop Problem Solving adalah nilai rata-rata pre-test 41,50
dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 25 serta simpangan baku 8,00 dan
rata-rata post-test 82,67 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65 serta
simpangan baku 7,156. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
model pembelajaran Langsung adalah nilai rata-rata pre-test 40,17 dengan nilai
tertinggi 55 dan nilai terendah 20 serta simpangan baku 8,66 dan post-test sebesar
76,00 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 serta simpangan baku 9,135.
Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,151 > 1,671 pada
taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Double Loop
Problem Solving dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan
dengan model pembelajaran Langsung pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6
Medan T.P. 2015./2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 082 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Model Pembelajaran Langsung |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 08:52 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21993 |