Huri, Agus (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK SISWA SMK NEGERI 2 KARANG BARU KUALA SIMPANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 509131002 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
02. NIM 509131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (778kB) | Preview
03. NIM 509131002 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
04. NIM 509131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
05. NIM 509131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
06. NIM 509131002 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
07. NIM 509131002 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
08. NIM 509131002 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
09. NIM 509131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
13. NIM 509131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
14. NIM 509131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menganalisis rangkaian listrik pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kuala Simpang Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini dilakukan pada kelas X pada program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Karang Baru Kuala Simpang tahun 2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X-TITL1, X-TITL2 dan X-TITL3 dimana X-TITL1 = 27 orang, X-TITL2 = 27 orang dan X-TITL3 = 29. Penarikan sampel pada penelitian ini ditentukan secara purposif sehingga diperoleh 27 orang untuk kelas eksperimen dan 27 untuk kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas tes, indeks kesukaran tes, reliabilitas tes, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki skor rata-rata 23,74 sedangkan dengan menggunakan media gambar memiliki skor rata-rata 20,70. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik di kelas X SMK Negeri 2 Karang Baru Kuala Simpang Ajaran 2016/ 2017, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 7,159 > 1,706.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 069 |
Keywords: | Hasil belajar; Media pembelajaran; Multimedia interaktif; Media gambar; Adobe flash CS3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 09:56 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21946 |