Hasibuan, Ika Rustati (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER SKRIPSSI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
02. SURAT PERSETUJUAN DAN PENGESAHANN.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar
cakram melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas XI jurusan Akuntansi 3
SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di
SMK Negeri 7 Medan . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan
Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 35 orang diantaranya terdiri
dari 35 siswa putri.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
kemampuan siswa dalam melakukan lempar cakram masih rendah yaitu 25 siswa
(71.4%) yang belum mendapatkan ketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa
(28.6%) sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi
pembelajaran lempar cakram melalui pendekatan saintifik dengan media
modifikasi. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar
siklus I diperoleh 20 siswa (57.1%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan
belajar, sedangkan 15 siswa (42.8%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan
nilai rata-rata 72,9. Pada siklus II hasil belajar lempar cakram yaitu 30 siswa
(85.7%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (14.3%)
belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 85,1.
Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II sebesar
12,2%.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui
pendekatan saintifik dengan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar
lempar cakram pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Medan
Tahun ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 031 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Lempar Cakram; Modefikasi ALat |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 04:01 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21929 |