Jamingan (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
02. SURAT PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
Passing atas Bolavoli melalui penerapan pendekatan Saintifik pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan
di SMP Negeri 29 Tembung. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7
SMP Negeri 29 Tembung yang berjumlah 32 orang diantaranya terdiri dari 15
siswa dan 17 siswi.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
kemampuan siswa dalam melakukan Passing atas Bolavoli masih rendah yaitu 6
siswa (18,75%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 26 siswa
(81,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi
pembelajaran Passing atas melalui penerapan pendekatan saintifik. Hal ini
berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 9
siswa (28,12%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23
siswa (71,87%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 28.12.
Pada siklus II hasil belajar passing atas bolavoli yaitu 25 siswa (78,12%) yang
mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 7 siswa (21.88%) belum
mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 77,05. Dengan
itu diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II sebesar 6.25.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan
pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar Passing atas pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 29 Tembung Tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK--2016 PJKR 041 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Bola Voli; Blocking |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 02:55 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21915 |