Panjaitan, Putri Taradina (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK DAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 6121111032 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2.NIM 6121111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
3.NIM 6121111032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4.NIM 6121111032 PREPACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5.NIM 6121111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
6.NIM 6121111032 TABLE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7.NIM 6121111032 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8.NIM 6121111032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9.NIM 6121111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13.NIM 6121111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14.NIM 6121111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lari
sprint dengan penggunaan model pembelajaran umpan balik dan pendekatan
saintifik pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian
ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2
siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32
siswa-siswi, yang terdiri dari 18 siswi perempuan dan 14 siswa laki-laki. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang
berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 1 kali pertemuan.
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil
analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 11 orang siswa (34,37%) yang telah
mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 orang siswa (65,63%) belum
mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 2,38. (2)
Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 21 orang siswa (65,62%) yang telah
mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa (34,38%) belum
mencapai tingakt ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah
2,53. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 29 orang siswa (90,62%) yang
telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 3 orang siswa (1,38%) belum
mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 2,68%.
Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar
siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 31,25 %, sedangkan peningkatan nilai
rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 25,0 %. Berdasarkan analisis data yang
dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran umpan balik dan
pendekatan saintifik dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap
hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 035 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Lari Sprint |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 02:40 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21913 |