Tarigan, Yehezkiel (2016) PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MODIFIKASI ALAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGAPANAHKABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123311088_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 6123311088_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
3. NIM. 6123311088_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 6123311088_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 6123311088_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 6123311088_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 6123311088_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 6123311088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 6123311088_BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM. 6123311088_BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM. 6123311088_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
Dribble Bola Basket melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan modifikasi alat
pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigapanah Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigapanah. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Tigapanah yang
berjumlah 29 orang diantaranya terdiri dari 9 siswa putra dan 20 siswa putri.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
kemampuan siswa dalam melakukan Dribble Bola Basket masih rendah yaitu 9
siswa (31,03%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa
(68,96%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi
pembelajaran Dribble melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dan Modifikasi
Alat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I
diperoleh 20 siswa (68,96%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,
sedangkan 9 siswa (31,03%) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II
hasil belajar Dribble Bola Basket yaitu 26 siswa (89,65%) yang mencapai tingkat
ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (10,34%) belum mencapai tingkat
ketuntasan dalam belajar. Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal
sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil
analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar
Inklusi dan Modifikasi Alat dapat meningkatkan hasil belajar Dribble Bola Basket
pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigapanah Kabupaten Karo Tahun ajaran
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 026 |
Keywords: | Pendidikan Jasamani; Bola basket; gaya mengajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 01:48 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21902 |