Azhari, Ihsan (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA O`BRIEN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII MTS.S YPT DARURRACHMAD SIBOLGA, TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123111041 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 6123111041 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM 6123111041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 6123111041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM 6123111041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM 6123111041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM 6123111041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
8. NIM 6123111041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9. NIM 6123111041 BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
13. NIM.6123111041 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM 6123111041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses pembelajaran tolak peluru melalui media pembelajaran melalui media audio visual dan modifikasi alat siswa kelas VIII Mts.s Ypt Darurrachmad Sibolga. Subjek disini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan media modifikasi alat yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes tolak peluru dengan menggunakan peluru yang sebenarnya.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan modifikasi pembelajaran (pre-test) di peroleh 12 siswa (37,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (62,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rat-rata 63,08%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan media audio visual dan modifikasi alat siklus I. Dari tes hasil belajar siklus I tolak peluru pada siklus I diperoleh 19 siswa (59,38%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (40,62%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rat-rata 73,24. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran tolak peluru menggunakan media pembelajaran yang sama dilakukan pada siklus II diperoleh 27 siswa dengan (84,38%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (15,62%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar, dengan nilai rata-rata 81,83. Dalam hal ini dapat di lihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 8,59. Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran melalui media audio visual dan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya membelakangi (O’Brien) pada siswa kelas VIII MTs.s Ypt Darurrachmad Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 004 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Tolak Peluru |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 01:44 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21901 |