PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MODEL PBBT DAN PBKL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BALIGE KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN AJARAN 2016/2017

Lumabngaol, Leornardo (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MODEL PBBT DAN PBKL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BALIGE KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6121111021_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6121111021_COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6121111021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6121111021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6121111021_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6121111021_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6121111021_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6121111021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6121111021_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6121111021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6121111021_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6121111021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6121111021_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6121111021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6121111021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6121111021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6121111021_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6121111021_BAB I.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6121111021_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6121111021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten
Toba Samosir tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas ( classroom Action Research) dan subjek dalam
penelitian ini adalah kelas VIII-F yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah
bola voli.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus 1
yang berbentuk teknik passing bawah bola voli. Setelah siklus 1 dilaksanakan
maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 24 siswa terdapat 11
siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 45,83% dengan nilai rata-rata 70,57 dan
siswa yang belum tuntas berjumlah 13 siswa atau 54,16%. ini berarti ketuntasan
belajar klasikal (≤75%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan
beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitianya
dengan dilakukannya siklus II yang sama perlakukan disiklus I. Setelah siklus II
dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli
siswa dimana dari 24 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu
sebesar 83,33% dengan nilai rata-rata 80.98 dan siswa yang belum tuntas
berjumlah 4 siswa 16,66%. ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥75%)
telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui
model PBBT dan PBKL dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola
voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Toba Samosir Tahun
Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PJKR 001
Keywords: Pendidikan Jasmani; Bola Volly; Hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:40
Last Modified: 05 Dec 2016 01:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21900

Actions (login required)

View Item
View Item