Sinaga, John Victor (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI METODE DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA/I KELAS VIII SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 609112037 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. NIM. 609112037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
3. NIM. 609112037 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 609112037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM. 609112037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. NIM. 609112037 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 609112037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 609112037 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 609112037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
13. NIM. 609112037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM. 609112037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket melalui metode Direct Instruction pada siswa/i kelas VIII SMP Negeri 41 Medan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan kelas). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran Direct Instruction dengan dilakukan tes hasil belajar siklus I dan tes hasil belajar siklus II yang berbentuk aplikasi menggiring bola dalam permainan bola basket sebanyak dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisi: (1) Hasil penelitian, pada saat pre-test sebelum diberikan tindakan diperoleh 13 orang siswa (32%) tuntas dan 27 orang (68%) tidak tuntas pada nilai KKM 75. (2) Setelah pemberian tindakan melalui penerapan metode Direct Instruction pada materi menggiring bola dalam permainan bola basket yang dilakukan peneliti pada siklus I diperoleh 23 orang (62%) tuntas dan 14 orang (38%) tidak tuntas. (3) Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan metode Direct Instruction pada materi menggiring bola dalam permainan bola basket sehingga hasil tes pada siklus II diperoleh 30 orang (81%) tuntas dan 7 orang (19%) belum tuntas. Berdasarkan keterangan dan data yang didapat maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode Direct Instruction telah meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket pada siswa/i kelas VIII SMP Negeri 41 Medan tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 049 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil belajar; Bola Basket |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 04:56 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21888 |