Sihombing, Arimanto (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 6123111014 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. 6123111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
3. 6123111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. 6123111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. 6123111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. 6123111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. 6123111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. 6123111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. 6123111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. 6123111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. 6123111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan media modifikasi alat pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Balige Tahun Ajaran 2016/2017.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Balige Jl. Kartini Soposurung Balige tahun ajaran 2016/2017, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2016 dengan jumlah siswa 32 orang . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah test hasil belajar lempar cakram yang berbentuk portofolio.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan modifikasi alat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar lempar cakram siswa kelas VII SMP Negeri 4 Balige tahun ajaran 2016/2017. Nilai rata-rata siswa pada data awal adalah 61,81 (tidak tuntas), pada test siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,79 (tidak tuntas), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 80,98 (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa pada test awal adalah 15,62%, pada test siklus I meningkat menjadi 56,25% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 87,5%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus I yaitu 7,98 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus I hingga test siklus II yaitu 11,19 dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 40,63 % dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 31,25 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui modifikasi alat meningkatkan hasil belajar lempar cakram
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PJKR 003 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; lempar Cakram |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 03:53 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21882 |