UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALULI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NEGERI STABAT TAHUN AJARAN 2016/2017

Azharsyah, AL (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALULI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NEGERI STABAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6113311011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6113311011 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6113311011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6113311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6113311011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6113311011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6113311011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6113311011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6113311011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6113311011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6113311011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6113311011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6113311011 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6113311011 TABLES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6113311011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6113311011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6113311011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6113311011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6113311011  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6113311011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6113311011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6113311011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari
sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat
Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas
dan subjek penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 36 siswa. Adapun
instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah berupa lembar penilaian
portofolio tes hasil belajar.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
yang berbentuk lari sprint 50 Meter dengan menggunakan metode pendekatan
bermain. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar
siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu
sebesar 55,56% dengan nilai rata-rata 64,58 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah
sebanyak 16 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 44.44%. Ini berarti kriteria
ketuntasan minimal (>75) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu
melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan
penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang
sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh
peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa
yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 78,44 dan siswa
yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,89% . Ini berarti kriteria ketuntasan
minimal (>75) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan
Melalui metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint
pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PJS 076
Keywords: Pendidikan Jasmani; Atlitik; Lari Sprint
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Dec 2016 04:46
Last Modified: 02 Dec 2016 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21846

Actions (login required)

View Item
View Item