Fattah, Abdul (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113311001 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 6113311001 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 6113311001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 6113311001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 6113311001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM. 6113311001 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM. 6113311001 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 6113311001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 6113311001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. NIM. 6113311001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM. 6113311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing Menggunakan kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Binjai Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII-2 yang terdiri dari 36 siswa.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing menggunakan kaki bagian dalam. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 58,33% dengan nilai rata-rata 65,27 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 15 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 41,66%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 88,88% dengan nilai rata-rata 79,13 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 11,11% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 12 Kota Binjai Tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 070 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Sepak Bola; Variasi Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 04:22 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21842 |