Elfrida, Eris (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BUSANA PESTA REMAJA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103341013 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5103341013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
3. NIM. 5103341013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 5103341013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 5103341013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 5103341013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM. 5103341013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 5103341013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5103341013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
13. NIM. 5103341013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 5103341013 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui hasil belajar membuat pola busana pesta remaja dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar. 2) Untuk mengetahui hasil belajar merubah pola busana pesta remaja setelah menggunakan model pembelajaran Picture and Picture di kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar membuat pola busana pesta remaja dengan menggunakan model pembelajaran Picture an picture pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Pematang Siantar.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Pematang Siantar, Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak tiga kelas dengan jumlah 90 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan beberapa pertimbangan untuk menetukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas XI1 dan Kelas XI3, dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola busana pesta remaja pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Pematang Siantar untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 63,3%. Dan tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola busana pesta remaja untuk kelas kontrol cenderung rendah yakni 46,7%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 30, di peroleh data hasil belajar Pembuatan Pola kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung<Ltabel (0,156 < 0,162) dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung<Ltabel (0,118<0,162).Uji homogenitas, diperoleh Fhitung<Ftabel (1,09< 1,86) sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t di peroleh nilai thitung sebesar 7,118 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 sebesar 1,671. Dengan demikian thitung>ttabel (7,118> 1,671). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Membuat pola busana pesta remaja Pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri3 Tebing Tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan Picture and Picture baik digunakan di SMK Negeri 3 Pematang Siantar terutama dalam mata pelajaran pembuatan pola
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 020 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Picture and Picture; Membuat pola busana pesta remaja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 02:49 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21836 |