Situmorang, Saut Jumadi (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERBASIS AUTO CAD DENGAN TANPA MEDIA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123122033 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 5123122033 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. NIM. 5123122033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 5123122033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 5123122033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 5123122033 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5123122033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5123122033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 5123122033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. NIM. 5123122033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM. 5123122033 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan media gambar berbasis Auto CAD dengan tanpa media pada mata pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK Mandiri Percut Sei tuan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 39 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media gambar berbasis Auto CAD, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan media. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan media gambar berbasis auto cad dengan tanpa media pada mata pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,994 > 1,995 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 025 |
Keywords: | Media Gambar; Auto CAD; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 01:06 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 01:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21818 |