Nababan, Cancara (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TROUBLESHOOTING SISTEM BAHAN BAKAR ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI) SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR (TSM) SMK SWASTA SILOAM 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122008 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5113122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM. 5113122008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM. 5113122008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 5113122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 5113122008 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5113122008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5113122008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 5113122008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
13. NIM. 5113122008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
14. NIM. 5113122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaranMelakukan Perbaikan Sistem Bahan Bakar Bensindengan menggunakan model Project Based Learning pada materi troubleshooting sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI).Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta Siloam1 Medan sebanyak22orang.Objek penelitian ini adalah model Project Based Learning pada materi troubleshooting sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI). Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 14 siswa (63,7%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 8 siswa (36,3%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 69 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 63,7%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 18 siswa (81,8%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (18,2%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,4 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 81,8%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 14 siswa disiklus I bertambah sebanyak 4 siswa disiklus II menjadi 18 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 8 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 4 siswa di siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi troubleshooting sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 029 |
Keywords: | Hasil Belajar;Melakukan Perbaikan Sistem Bahan Bakar Bensin; Model Project Based Learning; Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 00:58 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 00:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21816 |