Mutmainnah, Sri (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KEARSIPAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK BISNIS MANAJEMEN SE KOTA MEDAN. Jurnal Mediasi, 05 (02). ISSN 2085-6342
Fulltext.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
Abstract
Besarnya pengangguran tingkat SMK dikarenakan rendahnya
kompetensi yang dikuasai lulusan. Lulusan tidak mampu
menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan bagaimana
pengetahuan tersebut akan dipergunakan atau dimanfaatkan. Siswa juga memiliki kesulitan untuk memahami konsep akademik karena mereka diajar dengan menggunakan sesuatu yang abstrak dengan metode ceramah. Rendahnya kompetensi lulusan SMK disebabkan Rencana Kegiatan Belajar Mengajar yang belum terstandarisasi, materi yang telah out of date, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang dapat memotivasi aktifitas dan kreatifitas siswa masih rendah.
Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran Kearsipan di SMK Bisnis Manajemen se Kota Medan melalui perancangan buku ajar Kearsipan berbasis Proyek. Target Khusus dalam penelitian ini dihasilkannya: 1) Rencana Kegiatan Belajar Mengajar yang telah terstandar, 2) Buku ajar berbasis Proyek, 3) Lembar Kegiatan Siswa, 4) Instrumen Evaluasi berbasis Proyek, 5)
Media Pembelajaran berbasis proyek.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan
pengembangan (R&D), dengan kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif- eksporatif untuk mengidentifikasi berbagai gejala dan akar masalah yang terjadi pada pembelajaran kearsipan dan desain pengembangan Buku Ajar
Kearsipan berbasis proyek. Penelitian ini melibatkan guru-guru dan siswa Administrasi Perkantoran SMK Bisnis Manajemen se Kota Medan serta Praktisi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Profesional dan Kesekretarisan Indonesia (LSP-APSI) Sumut.
Dari hasil penelitian Pengembangan Buku Ajar Kearsipan yang telah dilakukan adalah buku ajar Kearsipan berbasis proyek mengintegrasikan pembelajaan berbasis proyek kedalam buku ajar sehigga lebih komunikatif. Materi yang dikembangkan pada buku ajar kearsipan berbasis proyek ini meliputi: dokumen dan Dokumentasi, hakekat Kearsipan, pengurusan Arsip, penyimpanan arsip sistem Abjad, penyimpanan Arsip sistem Nomor, penyimpanan arsip sistem
subjek, penyimpanan arsip sistem Wilayah, penyimpanan arsip sistem tanggal, perawatan dan Penyusutan arsip.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; Buku ajar; Penelitian pengembangan |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 07:43 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21813 |