Ginting, Muhammad Alinopanto (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL MOBIL SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103122025 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 5103122025 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM. 5103122035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM. 5103122025. PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM. 5103122025. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM.5103122025 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM.5103122025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM.5103122025 LIST OF APPENDDEXE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 5103122025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM. 5103122025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM. 5103122025. REFERENCES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi
memperbaiki sistem pengapian konvensional mobil pada siswa kelas XI Teknik
Kendaran Ringan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi melalui strategi
pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah
siswa 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing
siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan
perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi
(reflecting). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil
analisis data hasil belajar siklus I, diperoleh 16 orang (53,3%) siswa yang tuntas
belajarnya dengan nilai rata-rata 69,17 menjadi 25 orang (83,3%) siswa yang telah
lulus belajarnya dengan nilai rata-rata 77,67 pada siklus II. Dengan diterapkannya
strategi pembelajaran inkuiri terbimbing maka aktivitas belajar mata diklat
memperbaiki sistem pengapian konvensional pada mobil, siswa juga mengalami
peningkatan pada siklus I terdapat siswa yang memenuhi criteria sangat aktif tidak
ada, kategori aktif sebanyak 11 siswa(36,7%), kategori cukup aktif 12 siswa
(40%), kategori kurang aktif sebanyak 7 siswa (23,3%) dan siswa dengan kategori
tidak aktif tidak ada. Sedangkan pada siklus II yait sebanyak 19 orang (63,3%)
siswa dalam kategori aktif, kategori cukup aktif 11 siswa (36,7%), kategori
kurang aktif daan kategori tidak aktif tidak ada (0%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 026 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Inkuiri; Penelitian Tindakan Kelas; Sistem Pengapian Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 08:41 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21809 |