Nababan, Ervina Novita Rossy (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PELATIHAN (TRAINING MODEL) TERHADAP HASIL PRAKTEK RIAS WAJAH MALAM SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113344008 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 5113344008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (751kB) | Preview
3. 5113344008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. 5113344008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. 5113344008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. 5113344008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. 5113344008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. 5113344008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. 5113344008 BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13. 5113344008 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. 5113344008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Pelatihan (Training Model) Terhadap hasil praktek rias wajah
malam siswa Kelas X SMK Negeri 8 Medan. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan Program Keahlian Tata Kecantikan
Tahun Pembelajaran 2016/2017, yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian
diambil dengan teknik sampel total (Total Sampling) dan untuk kelompok
perlakuan dipilih dengan cara mengundi yaitu kelompok perlakuan dengan model
pembelajaran Pelatihan (Training Model) sebanyak 31 orang dan kelompok
perlakuan dengan model pembelajaran Konvensional sebanyak 31 orang. Data
penelitian dikumpul dengan menggunakan lembar pengamatan praktek rias wajah
malam yang dilakukan oleh 5 (lima) orang pengamat, dianalisis dengan uji
kesamaan dua rata-rata dengan uji t satu pihak kanan pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata hasil praktek rias
wajah malam siswa yang diajar dengan model pembelajaran Pelatihan
(Training Model) adalah 147,55 dengan tingkat kecenderungan tinggi dan ratarata
hasil praktek rias wajah malam siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Konvensional adalah 132,77 dengan tingkat kecenderungan
cukup. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil
praktek rias wajah malam siswa yang diajar dengan model pembelajaran
Pelatihan (Training Model) adalah berdistribusi normal dimana 8,05 <
11,07 dan hasil praktek rias wajah malam siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Konvensional adalah berdistribusi normal dimana 3,86 <
11,07 dan kedua varians data adalah Homogen karena 1,84 1,02. Tab Hit F F
Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil praktek rias wajah malam siswa
yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional memiliki
rata-rata 132,77 dengan tingkat kecenderungan cukup; (2) hasil praktek rias wajah
malam siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Pelatihan
(Training Model) memiliki skor rata-rata sebesar 147,55 dengan tingkat
kecenderungan tinggi; dan (3) hasil praktek rias wajah malam siswa yang diajar
dengan model pembelajaran Pelatihan (Training Model) lebih tinggi secara
signifikan daripada hasil praktek rias wajah malam siswa yang diajar dengan
model pembelajaran Konvensional yang teruji melalui hasil uji statistik dengan
nilai tHit 6,59 > tTab(0.05;60) 2,00
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 RIAS 053 |
Keywords: | Model Pembelajaran Pelatihan ; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Praktek Rias Wajah Malam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 08:11 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21805 |