Luthfi, Irfanul (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGENALAN KONSEP DASAR ELEKTRONIKA (PKDE) ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) DI SMK NEGERI 1 AIRPUTIH. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 509331021 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
02. NIM 509331021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03. NIM 509331021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
04. NIM 509331021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
05. NIM 509331021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
06. NIM 509331021 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM 509331021 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. NIM 509331021 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
09. NIM 509331021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM 509331021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 509331021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar pengenalan konsep dasar elektronika (PKDE) antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Air Putih. Populasi penelitian ini sebanyak 68 orang siswa. Jumlah sampel penelitian ini diambil dari seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 68 orang siswa.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes, dimana data penelitian ini diperoleh melalui tes untuk mengetahui kemampuan siswa setelah pelaksanaan perlakuan. Instrumen penelitian ini diuji coba di SMK Negeri 1 Air Putih. Validitas Instrumen penelitian hasil uji coba dianalisis dengan rumus point biseral. Reliabilitas instrumen tes diuji dengan rumus KR-20 dan diperoleh nilai r11 = 0,886 yang dikategorikan sangat tinggi. Hasil analisis rata-rata model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Togheter (NHT) sebesar 26,76 dan memiliki standar deviasi 4,06 sedangkan model pembelajaran konvensional sebesar 21,67 dan memiliki standar deviasi 3,96. Melalui uji Chi-Kuadrat diketahui nilai χ2hitung model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togheter (NHT) adalah 7,44 dan χ2hitung model pembelajaran konvensional adalah 10,35 dengan masing-masing χ2tabel adalah 11,071 yang menunjukkan bahwa χ2hitung < χ2tabel menunjukkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi Normal. Berdasarkan pengujian hipotesis melalui kedua Model pembelajaran diperoleh thitung = 5,22 dan ttabel = 1,67, maka diperoleh thitung > ttabel atau 5,22 > 1,67 dimana hasil ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togheter (NHT) lebih baik dari model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 053 |
Keywords: | Hasil belajar Konsep dasar elektronika; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 07:58 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21802 |