Mendrofa,, Livana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOSMETIKA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103144018 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM 5103144018 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (841kB) | Preview
3. NIM 5103144018 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
4. NIM 5103144018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM 5103144018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM 5103144018 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM 5103144018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8. NIM 5103144018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM 5103144018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 5103144018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 5103144018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran kosmetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran kosmetika kelas X tata kecantikan SMK Negeri
3 Pematangsiantar.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 3
Pematangsiantar yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu 30 siswa kelas eksperimen dan
30 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah Random
Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 45 soal yang terlebih
dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda
tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis dengan menggunkan rumus “uji t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar yang diajarkan dengan
model Student Facilitator And Explaining lebih tinggi dari hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistik
adalah pretest sebesar 32.87, standar deviasi = 2.44 dan postest 35.5 , standar
deviasi = 2.93, sedangkan pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 32.1,
standar deviasi = 2.55 dan postest 33.3 , standar deviasi = 2.99. Hasil pengujian
hipotesis yang diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 RIAS 050 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining; Mata pelajaran Kosmetika; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 07:16 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21792 |