PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOSMETIKA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR

Mendrofa,, Livana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOSMETIKA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5103144018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5103144018 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5103144018 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5103144018 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (841kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5103144018 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5103144018 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5103144018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5103144018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5103144018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5103144018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5103144018 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5103144018 TABLES.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5103144018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5103144018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5103144018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5103144018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5103144018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5103144018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5103144018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5103144018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5103144018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5103144018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran kosmetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran kosmetika kelas X tata kecantikan SMK Negeri
3 Pematangsiantar.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 3
Pematangsiantar yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu 30 siswa kelas eksperimen dan
30 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah Random
Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 45 soal yang terlebih
dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda
tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis dengan menggunkan rumus “uji t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar yang diajarkan dengan
model Student Facilitator And Explaining lebih tinggi dari hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistik
adalah pretest sebesar 32.87, standar deviasi = 2.44 dan postest 35.5 , standar
deviasi = 2.93, sedangkan pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 32.1,
standar deviasi = 2.55 dan postest 33.3 , standar deviasi = 2.99. Hasil pengujian
hipotesis yang diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 RIAS 050
Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining; Mata pelajaran Kosmetika; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Nov 2016 07:16
Last Modified: 30 Nov 2016 07:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21792

Actions (login required)

View Item
View Item