Wahyuni, Lia (2016) PENGARUH MEDIA MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT LAMPION HIAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5113341019 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM.5113341019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 5113341019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 5113341019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 5113341019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 5113341019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM. 5113341019 TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM. 5113341019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 5113341019 STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM.5113341019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
14. NIM.5113341019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
15. NIM.5113341019 BIBBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media movie maker terhadap hasil belajar siswa kelas VIII sekolah menengah pertama pada mata pelajaran prakarya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 2 LUBUK PAKAM. Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam yang beralamat di jalan Galang Kel Syahmad Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 270 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII3 yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII5 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat lampion hias dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada pembuatan lampion hias. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 30 orang yang diajar tanpa menggunakan media movie maker menunjukkan rata-rata hasil yaitu 76,2. Sedangkan hasil belajar kelas yang diajar menggunakan media movie maker yaitu 90,8. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebarab hasil belajar membuat lampion hias tanpa menggunakan media movie maker adalah berdistribusi normal dimana -0,278<0,190 dan data hasil belajar siswa dengan menggunakan media movie maker adalah berdistribusi normal dimana, -0,206<0,190 dan kedua varians data adalah homogeny karena fhitung<ftabel yaitu 1,28 <1,9.
Dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar dengan menggunakan media movie maker dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel 4,7 >1,653. Dilihat dari hasil penelitian ini, hasil belajar mata pelajaran prakrya lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan media movie maker. Jadi terbukti ada pengaruh hasil belajar siswa antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media movie maker dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan movie maker. Hal ini berarti bahwa penggunaan media movie maker dapat dijadikan sebagai pendamping atau alternative pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKK 015 |
Keywords: | Hasil Belajar; Lampion Hias; Media Movie Maker |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TR Photography |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:04 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21779 |