Siahaan, Heru (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113111018 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 5113111018 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (778kB) | Preview
3. NIM 5113111018 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 5113111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM 5113111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 5113111018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 5113111018 TABLE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM 5113111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 5113111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
13. NIM 5113111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 5113111018 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Memahami Bahan Bangunan pada kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Siatas Barita.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah 30 orang dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi Memahami Bahan Bangunan.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas dan hasil belajar Memahami Bahan Bangunan dengan menggunakan model TPS. Dalam penelitian ini, ditemukan pada nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 57 %, kategori penilaian tidak aktif meningkat pada siklus II dengan rata-rata 84 % penilaian aktif. Sedangkan untuk siklus I rata-rata hasil belajar siswa 75 % meningkat pada siklus II menjadi 84 %.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Memahami Bahan Bangunan di kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Siatas Barita. Selain itu juga dapat meningkatkan hasil belajar Memahami Bahan Bangunan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 043 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share;Aktivitas Belajar ; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 08:46 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21767 |