Harsoyo, Agus Tri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5112111001 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 5112111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 5112111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 5112111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 5112111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM. 5112111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 5112111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 5112111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM. 5112111001 BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM. 5112111001 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. NIM. 5112111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak melalui
penerapan model pembelajaran Modelling The Way (MTW) di kelas XI SMK Negeri
1 Stabat.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian
adalah siswa kelas XI-TGB di SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2015/2016
berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa melalui penerapan model Modelling The Way pada siswa kelas XI Teknik
Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Stabat. Model penelitian ini bersifat deskriktif
yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa pada saat
penelitian dilaksanakan
Penelitian ini dilaksanakan dengan dua sisklus dan menggunakan penilaian
lembar observasi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak. Dan hasil yang
diperoleh dari penelitian ini adalah terlihat meningkatnya aktivitas dan hasil belajar
siswa
Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Modelling The Way yang
dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dimana peningkatan dari
siklus I ke siklus II, dimana pada aktivitas siklus I terdapat 73,11% siswa katagori
tidak aktif pada siklus II sudah mencapai 85,50% siswa sudah termasuk katagori
aktif, sedangkan Presentasi hasil belajar siklus I 56,67% yaitu 17 orang yang tidak
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), menjadi 96,67% yaitu 29 orang
siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran Modelling The Way untuk meningkatkan Aktivitas
dan Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Pada Siswa Kelas XI Di
SMK Negeri 1 Stabat Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran
2015/2016 membuktikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Maka,
dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 060 |
Keywords: | Modelling The Way;Hasil Belajar;Menggambar Perangkat Lunak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21765 |