Manalu, Winda Winky Sahayati (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN UKUR TANAH KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123111049 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM 5123111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
3. NIM 5123111049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM 5123111049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM 5123111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM 5123111049 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 5123111049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 5123111049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 5123111049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
13. NIM 5123111049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
14. NIM 5123111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran Ukur Tanah Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan menerapkan Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 35 orang. Model ini bersifat deskriptid yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar dan aktivitas siswa pada saat penelitian dilaksanakan.
Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dari 74% pada siklus I meningkat menjadi 83% pada siklus II, dan Hasil dari penelitian ini, dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 26 siswa (74%) yang lulus dengan memperoleh nilai
pada siklus I menjadi 33 siswa (94%) yang lulus pada siklus II. Sedangkan berdasarkan pengamatan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya dapat menuntun siswa lebih aktif dalam belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya.
Sebagai persentase kompetensi klasikal setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya pada siklus I perolehan nilai hasil belajar dan aktivitas siswa dengan nilai
sebanyak 24 siswa (69%), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 33 siswa (94%) memperoleh nilai
pada hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Maka peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dicapai adalah 94%.
Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ukur tanah dengan materi pokok peta situasi menggunakan theodolite pada mata pelajaran ukur tanah melalui Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 BAN 041 |
Keywords: | Model Pembelajaran Tutor Sebaya; Aktivitas siswa; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 08:17 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21761 |