Fahrizal, T.Deyde (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5103111038 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
02. NIM. 5103111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
03. NIM. 5103111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
04. NIM. 5103111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
05. NIM. 5103111038 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06. NIM. 5103111038 TABLE.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
07. NIM. 5103111038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08. NIM. 5103111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
12. NIM. 5103111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM. 5103111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kompetensi
dasar menerapkan spesifikasi kayu dan karakteristik kayu untuk konstruksi
bangunan pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk
Pakam.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah subjek
dalam penelitian ini adalah 34 orang siswa dari kelas X Teknik Gambar Bangunan
SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan
data dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, kuesioner, lembar observasi
aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa.
Dari hasil analisis data ditemukan bahwa persentase kegiatan belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkat dari 2,68
pada siklus I menjadi 3,41 pada siklus II. Peningkatan aktivitas siswa membuat
hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar
siswa dari siklus I. Jumlah siswa yang dikategorikan tuntas hanya 17 orang,
sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 30 orang yang dikategorikan
tuntas dari total jumlah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1
Lubuk Pakam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 064 |
Keywords: | Model Kooperatif; Meningkatkan Aktifitas; Hasil Belajar . |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:52 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21757 |