Nasution, Yafri Riandi (2016) KONTRIBUSI PENGUASAAN ALAT PRAKTEK DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK KONSTRUKSI KAYU SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 513111045 COVER .pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 5113111045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (765kB) | Preview
3. NIM. 513111045 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 5113111045 PREFACE .pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 5113111045 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 5113111045 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 5113111045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 5113111045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9. NIM. 5113111045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 5113111045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM. 5113111045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Penguasaan Alat
Praktek dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Prektek Konstruksi Kayu
Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk
Pakam dengan jumlah responden 30 orang
Data penelitian variabel Penguasaan Alat Praktek (X1) dijaring dengan
tes.Minat Belajar (X2) dijaring dengan angket.Dan Hasil Belajar Praktek
Konstruksi kayu(Y) dijaring dengan observasi.
Berdasarkan uji coba instrument didapat hasil : (1) variabel Penguasaan
Alat Praktek (X1) 26 soal yang valid, reliabilitas yang sangat tinggi sebesar 0,80
pada taraf signifikasi 5 %. (2) variabel Minat Belajar (X2) 24 soal yang valid,
reliablitas sangat tinggi sebesar 0,84 pada taraf signifikasi 5 %.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat
Kontribusi yang positif dan berarti antara Penguasaan Alat Praktek terhadap Hasil
Belajar Praktek Konstruksi Kayu dengan besar korelasi rx1y = 0,770 > rtabel =
0,361 dan thitung = 6,383 > ttabel = 1,701 dan dari korelasi parsial diperoleh rx1y.x2
= 0,394 > rtabel = 0,361 dan thitung = 2,466 > ttabel = 1,701. 2) Terdapat Kontribusi
yang positif dan berarti antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Praktek
Konstrukai Kayu dengan besar korelasi rx2y = 0,528 > rtabel = 0,361 dan thitung =
5,292 > ttabel = 1,701 dan dari korelasi parsial diperoleh rx2y.x1 = 0,383 > rtabel =
0,361 dan thitung = 2,152 > ttabel = 1,699. 3) Terdapat Kontribusi yang positif dan
berarti antara Penguasaan Alat Praktek dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar
Praktek Konstruksi Kayu dengan besar korelasi ganda diperoleh Rxy(1.2) = 0,879 >
rtabel = 0,361 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh
Fhitung = 47,672 > Ftabel = 3,340. Dengan demikian Penguasaan Alat Praktek dan
Minat Belajar mempunyai Kontribusi yang positif dan berarti terhadap Hasil
Belajar Praktek Konstruksi Kayu.
Hasil perhitungan sumbangan relativ dan sumbangan efektif didapat hasil :
(1) Sumbangan relatif X1 = 78,522 %, sumbangan efektif X1 = 51,196 %. (2)
Sumbangan relatif X2 = 21,477 %, sumbangan efektif = 14,00 %. (3) sumbangan
efektif X1 dan X2 terhadap Y = 51,196 % + 14,00 % = 65,196 %. Jadi,
Sumbangan atau Kontribusi yang diberikan oleh Penguasaan Alat Praktek dan
Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktek Konstruksi Kayu adalah sebesar
65,196 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 065 |
Keywords: | Penguasaan Alat Praktek; Minat Belajar; Hasil Belajar Praktek Konstruksi Kayu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:19 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21750 |