Silaban, Riki (2016) PENGARUH MEDIA AUTOCAD TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123111039 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 5123111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5123111039 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 5123111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM 5123111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM 5123111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 5123111039 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 5123111039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM 5123111039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM 5123111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM 5123111039 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menggambar teknik dasar
yang diajarkan dengan Media Autocad lebih tinggi dari pada hasil belajar menggambar
teknik dasar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini
yaitu kelas X TGB A berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan X TBG B berjumlah
36 orang sebagai kelas control. Penentuan sampel dilakukan melalui teknik purposive
sampling.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain
pretest-posttest kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penggunaan Media Autocad dan
kelas control diberi perlakuan berupa penggunaan pembelajaran konvensional.
Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas,
reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar
Menggambar Teknik Dasar dari 30 butir soal tes yang diujicobakan diperoleh 26 butir soal
valid dengan koefisien reliabilitas 0,668 termasuk tinggi. Untuk indeks kesukaran terdapat 3
butir soal dengan kategori mudah, 21 butir soal dengan kategori sedang, 2 butir soal dengan
kategori sukar, dan untuk daya pembeda soal terdapat 14 butir soal dengan kategori cukup, 8
butir soal dengan kategori baik, dan 4 butir soal dengan kategori jelek.
Hasil Uji-t sampel independen rata-rata posttest pada taraf kepercayaan 95%,
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung >
ttabel (10,78> 1,994). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggambar
teknik dasar yang diajarkan dengan menggunakan Media Autocad lebih tinggi dari pada hasil
belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional siswa
kelas X TGB di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 052 |
Keywords: | Hasil Belajar ;Menggambar Teknik Dasar; Media Autocad |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:15 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21749 |