Siregar, Dewi Juliana (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5123311005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
NIM 5123311005 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
NIM 5123311005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
NIM 5123311005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM 5123311005 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 5123311005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
NIM 5123311005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 5123311005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 5123311005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
NIM 5123311005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
NIM 5123311005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa hasil belajar mekanika teknik
dengan menggunakan model probing prompting dengan subjek dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X-B sebanyak 35 orang siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus
dimana dalam setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari
tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dikatakan
berhasil diukur berdasarkan rata-rata kumulatif hasil belajar siswa memperoleh nilai
minimal 70 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas 75 % siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dapat
dikategorikan tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase 31,42% dan tidak tuntas
sebanyak 24 orang dengan persentase 68,58 %, kemudian meningkat pada siklus II
menjadi kategori tuntas sebanyak 30 orang dengan persentase 85,72 % dan tidak tuntas
sebanyak 5 orang dengan persentase 14,28 %. Hasil tersebut menunjukkan persentase
ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 54,4 %. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe probing prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
mekanika teknik kompetensi dasar menerapkan besaran vektor untuk mempresentasikan
gaya, momen, dan kopel pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar
Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 063 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing Prompting;Hasil Belajar;Mekanika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:11 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21748 |