Siregar, Nazri Adalani (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509311024_COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM. 509311024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM. 509311024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 509311024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
5. NIM. 509311024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. NIM. 509311024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM. 509311024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 509311024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM. 509311024_BAB I.pdf - Published Version
Download (756kB) | Preview
13. NIM. 509311024_BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 509311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan
untuk menerapkan model pembelajaran tipe jigsaw yang dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik pada kompetensi Dasar
Menerapkan cara menggambar teknik yang baik di Kelas X Program Keahlian
Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Prosedur tindakan dikemas ke
dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting),
pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diambil dari tes
hasil belajar siswa, bentuk tes menggunakan soal multiple coice. Soal berjumlah
20 soal, dimana 20 soal untuk siklus pertama dan 20 soal untuk siklus kedua dan
data aktivitas siswa diambil menggunakan Format lembar observasi siswa. Hasil
penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I berdasarkan kriteria
penilaian di peroleh nilai hasil belajar post test siklus II siswa yang diperoleh
kategori cukup 8 orang 22.86 %), baik 13 orang (37,14 %), sangat baik 14 orang
(40 %) dan tidak tuntas tidak ada. Untuk Peningkatan nilai dari siklus I ke siklus
II didapat peningkatan 15 % (tabel 11) yaitu dengan nilai pada siklus I yaitu 67
(tidak tuntas) menjadi 82 pada siklus II yaitu baik. Hasil belajar siswa yang
meningkat sebesar 15 % yaitu meningkat dari 67 menjadi 82 pada siklus kedua.
penerapan model pembelajaran kooperatip tipe Jigsaw dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar
Bangunan pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Medan Tahun
Pelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 069 |
Keywords: | Model Pembelajaran Tipe Jigsaw; Hasil Belajar;Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:05 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21747 |