Sidabutar, Riris J (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5123311029_1.COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM 5123311029_2.APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
NIM 5123311029_3.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
NIM 5123311029_4.PREFACE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
NIM 5123311029_5.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM 5123311029_6.TABLE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM 5123311029_7.ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM 5123311029_8.APPENDICES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM 5123311029_9.CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
NIM 5123311029_13.CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
NIM 5123311029_14.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan
untuk menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan pada Kompetensi Dasar
Menerapkan Teori Tegangan pada Konstruksi Bangunan di Kelas X Program
Keahlian Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Balige yang berjumlah 28
orang siswa.
Data hasil penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar
observasi. Uji coba instrumen penelitian terdiri dari 25 soal pada siklus I dan
terdapat 13 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 8 soal mudah, 13 soal sedang
dan 4 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 6 soal buruk, 11 soal cukup, 6 soal
baik, dan 2 soal sangat baik, uji reabilitas tes didapat 0,848 (sangat tinggi). Pada
siklus dari II terdapat 25 soal dan diperoleh 15 soal valid, uji tingkat kesukaran
terdapat 5 soal mudah, 18 soal sedang dan 2 soal sukar, uji daya pembeda tes
terdapat 5 soal buruk, 7 soal cukup, 12 soal baik, dan 1 soal sangat baik, uji
reabilitas tes didapat 0,82 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil apabila
nilai rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai KKM ≥ 75 dan
berhasil secara klasikal jika 100% siswa yang tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus
I dengan hasil nilai rata-rata 64,91 dengan persentase kelulusan 42,86% dan
meningkat pada siklus II menjadi 81,34 dan persentase kelulusan tuntas 100%.
Hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata
sebesar 74,45 dengan persentase kelulusan 67,86% dan meningkat pada siklus II
menjadi 81,34 dengan persentase kelas mencapai kelulusan tuntas 100%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan Strategi
Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan Pada Siswa Kelas X
Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Balige
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 BAN 051 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining;Hasil belajar;Ilmu Statistika |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 06:50 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21743 |