Purba,, Jhesica Citra (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123111024 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 5123111024 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM. 5123111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM. 5123111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 5123111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 5123111024 TABLES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7. NIM. 5123111024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 5123111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
12. NIM. 5123111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. NIM. 5123111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan pada siswa kelas
XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam
Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah
kelas X TGB A berjumlah 36 siswa yang diajarkan dengan menggunakan media
visual berupa gambar dan siswa kelas X TGB B yang berjumlah 36 siswa
diajarkan dengan menggunakan media komputer berupa power point.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan disain
pre-test, pembelajaran dan post-test.Intrumen penelitian terlebih dahulu
diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan
daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Konstruksi Bangunan dari 35
butir soal tes yang diujicobakan diperoleh 30 butir soal valid dengan koefisien
reliabilitas 0,89 termasuk kategori sangat tinggi. Untuk indeks kesukaran terdapat
4 butir soal dengan kategori mudah, 26 butir soal dengan kategori sedang dan
untuk daya pembeda soal terdapat 15 butir soal dengan kategori cukup, 15 butir
soal dengan kategori baik.
Dari hasil uji-t hasil belajar konstruksi bangunan pada taraf signifikan 5%
= 3,436 diperoleh thitung > ttabel yakni 3,436>1,994, maka hipotesis diterima. Siswa
yang diajarkan dengan menggunakan media poster memiliki hasil belajar lebih
tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan media komputer berupa
power point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dalam
pembelajaran memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap
hasil belajar Konstruksi Banguan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk
Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Kepada guru untuk dapat menggunakan media
dalam pembelajaran. Sebab penggunaan media yang kreatif, komunikatif dan
sesuai dengan kareakteristik siswa dapat meberikan hasil belajar yang berbeda
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 BAN 059 |
Keywords: | Media visual berupa gambar; Media komputer berupa power point;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 06:45 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21742 |