Panjaitan, Martini (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 2 KISARAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123311018 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 5123311018 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 5123311018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM. 5123311018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 5123311018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM. 5123311018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 5123311018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 5123311018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM. 5123311018 BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13. NIM. 5123311018 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM. 5123311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa gambar teknik
pada siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi kayu SMK Negeri 2
Kisaran melalui metode pembelajaran drill . Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran
2015/2016 dengan jumlah siswa 31 orang. Dengan kriteria ketuntasan minimum
(KKM) yang berlaku disekolah sebesar 75 yang harus dicapai oleh peserta didik.
Penelitian ini dilakukan dalam II siklus yaitu siklus I dan setiap siklus ada
dua kali pertemuan yang terdiri dari 4 x 45 menit dan siklus II terdiri dari 4 x 45
menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu mulai dari tahap perencanaan
(planning), Pelaksanaan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi
(reflecting). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar praktek yang
menggunakan lembar kerja siswa (job sheet) . Dalam penilaian yang dilakukan
oleh masing-masing pengamat (observer) melalui kriteria penilaian yang
digunakan saat pelaksanaan metode pembelajaran drill ini.
Berdasarkan hasil evaluasi proses untuk setiap siklus pembelajaran, pada
siklus I diperoleh hasil belajar peserta didik yang lulus sebanyak 21 orang dengan
persentase 67,74% dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 78,71
dan hasil belajar peserta didik yang tidak lulus sebanyak 10 orang dengan
persentase 32,26% meningkat menjadi 31 orang peserta didik yang lulus dengan
persentase 100% dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta 82,55 pada siklus
II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran drill
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik pada
siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi kayu SMK Negeri 2 Kisaran
tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 062 |
Keywords: | Metode pembelajaran drill;Hasil belajar;Gambar teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 06:24 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21737 |