Simanjuntak, Jasper (2004) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN SIKAP TERHADAP PROFESI GURU DENGAN HASIL BELAJAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DARI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD FIP UNIMED. Masters thesis, UNIMED.
0150200013-COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
0150200013-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
0150200013-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
0150200013-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
0150200013-BAB I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
0150200013-BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
0150200013-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Konsep Diri dan Sikap Terhadap Profesi Guru dengan Hasil Belajar Perkembangan Peserta Didik, balk secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional, yaitu bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada scat penelitian dilakukan.Populasi penelitian ini adalah, seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED Medan, yang mengambil matakuliah Perkembangan Peserta Didik tahun ajaran 2003/2004, yang kemudian diambil sampel sebagai subjek penelitian sebanyak 182 orang mahasiswa melalui penggunaan nomogram Harry King. Untuk memperoleh data variabel Konsep Diri, dan Sikap Terhadap Profesi Guru digunakan angket, dan data Hasil Belajar matakuliah Perkembangan Peserta Didik (PPD), dipergunakan tes objektif Sehelum alat pengumpul data digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Untuk mengetahui validitas konsep diri dan sikap terhadap profesi guru digunakan rumus korelasi product moment dengan kriteria valid, jika rhitang > rtabd, pada taraf signifikan 5 %. Untuk mengetahui reliabilitas angket konsep diri dan sikap terhadap profesi guru, digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui validitas tes hasil belajar matakuliah Perkembangan Peserta Didik, digunakan rumus Point Biserial dengan kriteria, rbittmg > rtabd. Kemudian untuk mengetahui reliabilitas tes hasil belajar matakuliah Perkembangan Peserta Didik (PPD), digunakan rumus KR20.Dad uji validitas dan reliabilitas diperoleh hasil sebagai berikut : (1) instrumen tes hasil belajar perkembangan peserta didik yang valid diperoleh 57 butir dengan koefisien reliabilitas 0,931, (2) instrumen angket konsep diri yang valid 35 butir dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,874, dan (3) instrumen angket sikap terhadap profesi guru yang valid 55 butir dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,926.Untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, digunakan analisis korelasi sederhana dengan rum us korelasi product moment, sedangkan untuk mengetahui hubungan secara bersama-sama antara Konsep Diri, Sikap Terhadap Profesi Guru, dan Hasil Belajar Perkembangan Peserta Didik digunakan rumus korelasi ganda, dan dilanjutkan dengan analisis parsial. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan : (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar Perkembangan Peserta Didik dan mahasiswa Program Studi PGSD FIP-UNIMED Medan (rxiy — 0,364 > rt = 0,145). mahasiswa Program Studi PGSD FIP-UNIMED Medan (r,13, = 0,364 > r, = 0,145). (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara Sikap Terhadap Profesi Guru dengan Hasil Belajar Perkembangan Peserta Didik dari mahasiswa Program Studi PGSD F1P-UNIMED (r,(2y — 0,448 > r, — 0,145), dan (3) Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara Konsep Diri, Sikap Terhadap Profesi Guru, dan Hasil Belajar Perkembangan Peserta Didik dan mahasiswa Program Studi PGSD FIP-UMMED Medan (Ry, 12 = 0,5126), dengan (Fh = 31,904 > Ft ---- 3,048). Selanjutnya diperoleh kontribusi konsep diri terhadap basil belajar PPD sebesar 9,41 %, dan kontribusi sikap terhadap profesi guru terhadap hasil belajar PPD sebesar 16,87 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Sim h |
Keywords: | Konsep Diri; Sikap; Profesi Guru; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2172 |