Pakpahan, Roni (2016) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA KELAS XI SMK N 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123321032 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 5123321032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
3. NIM 5123321032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM 5123321032 PREPACE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM 5123321032 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 5123321032 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM 5123321032 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. NIM 5123321032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
12. NIM 5123321032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
13. NIM 5123321032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan
kemandirian belajar dan hasil belajar mata pelajaran teknik pengelasan dengan
minat berwirausaha kelas XI SMK N 1 Lubuk Pakam.Populasi dalam penelitian
ini adalah Siswa Kelas XI Teknik Permesinan SMK N 1 Lubuk Pakam yang
berjumlah 62 orang dengan jumlah sampel 50 orang yang dicari dengan
menggunakan Table Krejic dan Morgan.Untuk mendapatkan data tentang
kemandirian belajar dan Minat Berwirausaha diperoleh dengan menggunakan
angket tertutup berskala Likert dan data Hasil Belajar Teknik Pengelasan
diperoleh melalui dokumentasi daftar nilai yang diperoleh dari walikelas siswa
yang bersangkutan.Uji coba instrumen penelitian dilakukan dengan korelasi
product momen, diperoleh masing-masing 25 butir angket yang valid dengan
reliabilitas angket kemandirian belajar sebesar 0,918 dan Minat Berwirausaha
0,934 yang tergolong sangat tinggi.Hasil deskripsi dan analisis data penelitian
dengan teknik korelasi parsial dan korelasi ganda pada taraf signifikansi α = 5%
menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemandirian belajar siswa adalah 80,8 dengan
tingkat kecenderungan cukup (78%), (2) rata-rata Hasil Belajar Teknik
Pengelasan adalah 80,9 dengan tingkat kecenderungan cukup (58%), (3) rata-rata
Minat Berwirausaha adalah 81,1 dengan tingkat kecenderungan cukup (52%), (4)
terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan Hasil
Belajar Teknik Pengelasan(r= 0,551), dengan persamaan garis regresi Ŷ =46,82 +
0,42 X1, (5) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan
Hasil Belajar Teknik Pengelasan(r= 0,34), dengan persamaan garis regresi Ŷ =
56,94 + 0,3X2, (6) terdapat hubungan yang signifikan antara Minat Berwirausaha
dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Teknik
Pengelasan siswa (R=0,3741 ), dengan persamaan regresi Ŷ= 48,74 + 0,16X1 +
0,24X2, dan koefisien determinasi R2= 0,14, artinya 43,1% varian yang terjadi
pada Minat Berwirausaha siswa dapat dijelaskan oleh kemandirian belajar dan
Hasil Belajar Teknik Pengelasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 071 |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Hasil Belajar Teknik Pengelasan; Minat Berwirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 05:13 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21713 |