Sianipar, Rades Borned (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X DI SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 5113121034 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 5113121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. NIM_5113121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM 5113121034 PRECACE.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
5. NIM_5113142034 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
6. NIM_5113121034 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 5113121034 GRAPHY .pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 51131212034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 5113121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13. NIM 5113121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14, NIM 5113121034 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar alat ukur pada
siswa kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan dengan menerapkan model
pembelajaran Kooperatif Tipe Script. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Mandiri
Percut Sei Tuan Medan di kelas X TKR dengan jumlah 72 orang. Dimana
penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe script, dan memberikan pengaruh positif terhadap
hasil belajar alat ukur siswa kelas X di SMK Mandiri Percut Sei Tuan. Hal ini
dapat dilihat dari siklus I hasil ketuntasan belajar klasikal pada hasil postes
meningkat sebanyak 18 siswa 56,25 %. Pada siklus II terjadi peningkatan
ketuntasan belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran cooperative tipe
script dimana pada siklus II hasil pretes sebanyak 22 siswa sebesar 68,75% dan
pada hasil postes sebanyak 26 siswa sebesar 81,25%. Ini menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 4 siswa 12,5%. Pada
siklus II ini telah mencapai indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan 75%
siswa memperoleh nilai 75.Peningkatan aktivitas belajar siswa setelah
menerapkan model pembelajaran cooperative tipe script dari siklus I ke siklus II
sebesar 17,82 %. Dengan demikian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Script dapat Meningkatkan Hasil Belajar Alat Ukur pada Siswa Kelas X di
SMK Mandiri Percut Sei Tuan”,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 075 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif Tipe Script; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 04:30 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21707 |