Tanjung., Boy Febrianto (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS X SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG TAHUN PEBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113321006 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 5113321006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
3. NIM. 5113321006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 5113321006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 5113321006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 5113321006 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 5113321006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 5113321006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 5113321006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 5113321006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
13. NIM. 5113321006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 5113321006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X mesin produksi di SMK
Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang tahun ajaran 2015/2016. Alat ukur
merupakan salah satu program mata diklat pada pendidikan menengah kejuruan
kompetensi keahlian teknik produksi. Melalui tindakan berupa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Modelling The Way, diharapkan dapat meningkatkan
hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X mesin produksi. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & MC Taggart yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2
pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian
ini adalah siswa kelas X TP 2 SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang
yang terdiri dari 35 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri atas tes dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Modelling The Way dapat
meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X TP 2 di SMK Awal
Karya Pembangunan (AKP). Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase
ketuntasan belajar secara klasikal yakni 74,2% pada siklus I dan 82,2% pada
siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 77,7 pada siklus I dan 80,1
pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 059 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar ; Alat Ukur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 04:18 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21706 |