Arsisco, M. Boby (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN LAS BUSUR LISTRIK DASAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA YP DHARMA KARYA T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Rumusan penelitian ini adalah “Apakah melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan las busur listrik dasar pada siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta YP. Dharma Karya Tahun Ajaran 2016/2017?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan las busur listrik dasar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta YP. Dharma Karya Tahun Ajaran 2016/2017. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui metode observasi dengan lembar observasi keterampilan las busur listrik dasar siswa pada siklus I dan siklus II. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Analisis data menggunakan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil analisis data observasi keterampilan las listrik dasar pada siklus I, diketahui bahwa dari 34 orang siswa hanya diperoleh 14 orang siswa yang tuntas dalam keterampilan las busur listrik dasar melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), dalam persentase keberhasilan masih memperoleh rata-rata 41,18%. Pada siklus II terjadi peningkatan pada keterampilan las busur listrik dasar siswa yaitu 82,35% karena diperoleh 28 orang siswa yang mengalami peningkatan. Walaupun masih ada 6 orang yang dikategorikan belum tuntas, namun tingkat keberhasilan pendekatan sudah mencapai target yakni di atas 75%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan las busur listrik dasar siswa dapat ditingkatkan melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), pada kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta YP. Dharma Karya Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 082 |
Keywords: | Keterampilan Las Busur; Listrik Dasar; Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 03:20 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21697 |