Barus, Desman Pranata (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA DIKLAT PROSES DASAR PENGECORAN LOGAM KELAS X SMK SWASTAYAYASAN WANITA KERETA API (YWKA) MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113121014 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM. 5113121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM. 5113121014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 5113121014 FREE FACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 5113121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 5113121014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM. 5113121014 DAFTAR TABELS.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8. NIM. 5113121014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM. 5113121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM. 5113121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM. 5113121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatapelajaran Proses
DasarPengecoranlogampadasiswakelas X Program KeahlianTeknikPermesinan
SMK SWASTA YWKA Medanmelalui model pembelajarankooperatiftipeExplicit
Instruction.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang dilakukanpada
semester ganjiltahunajaran 2016/2017 denganjumlahsiswa 32 orang.Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali
pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan
(acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik
pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil
evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria
keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I
nilai rata-rata pretest siswa 51,00, lalu pada pelaksanaan posttest meningkat
menjadi 69,9.Kemudiansetelahdilakukantindakanperbaikan model
pembelajarankooperatiftipeExplicit Instructionpada siklus II terjadi peningkatan
nilai rata-rataposttest siswa,nilai rata-rata posttest meningkat menjadi
83,7.Demikianhalnyadenganketuntasanbelajarsiswasiklus I sebanyak 17 orang
siswa (53,12%) dinyatakantuntasdansetelahdilakukantindakanperbaikansiklus II
sebanyak 26 orang siswa (81,25%) yang dinyatakantelahtuntas, sedangkan 6
orang siswa (18,75%) belumtuntas. Hasilobservasiaktivitassiswapadasiklus I
dengan rata-rata 61,25% siswatergolongcukupaktif,
dansetelahdilakukantindakanperbaikansiklus II diperoleh rata-rata 85,0%
siswatergolongaktif.
Dengandemikiandarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan model
pembelajarankooperatiftipeExplicit
Instructiondapatmeningkatkanhasilbelajarmatadiklat Proses
DasarPengecoranLogampadasiswakelas X Program KeahlianTeknikPermesinan
SMK SWASTA YWKA Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 081 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pengecoran Logam; Explicit Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 03:04 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21694 |