Parinduri, Khoirul Syarip (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN REM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 KOTANOPAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122027 COVER .pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 5113122027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM. 5113122027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 5113122027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM. 5113122027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 5113122027 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 5113122027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 5113122027 APPENDICES..pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 5113122027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM. 5113122027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 5113122027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk
mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan belajar siswa pada mata
pelajaran rem dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jenis yang
digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tidakan kelas yang terdiri
dari dua siklus dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari perolehan
hasil belajar siswa yang meningkat. Berdasarkan hasil analisis pada hasil belajar
siklus I diperoleh nilai rata-rata seluruh siswa 68,95 dimana terdapat 18 siswa
(60% siswa) yang dinyatakan lulus, dan 12 siswa dinyatakan tidak lulus (40%).
Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata seluruh siswa 72,17 dimana terdapat 23
siswa (76,7%) dinyatakan lulus, dan 7 siswa (24,3%) yang dinyatakan tidak lulus.
Oleh karena itu penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat disimpulkan
terbukti meningkatkan kemampuan belajar dengan melihat peningkatan pada
siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 024 |
Keywords: | Hasil belajar; Pelajaran rem; Model pembelajaran, inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 02:35 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21688 |