Saumi, Rizka Daliluddin (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) MATERI MENGIDENTIFIKASI DAN MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR MEKANIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TUNAS PELITA BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 509 321 034 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
02. NIM. 509 321 034 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
03. NIM 509 321 034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
04. NIM. 509 321 034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
05. NIM 509 321 034 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
06. NIM 509 321 034 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
07. NIM 509 321 034 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
08. NIM 509 321 034 LIST OF APPENDDEX.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
09. NIM 509 321 034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
13. NIM 509 321 034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
14. NIM. 5109 321 034 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Masih banyak hasil belajar siswa yang rendah dan tidak memenuhi KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 75, khususnya pada
mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomif (PDTO). Dimana siswa yang
dikategorikan lulus hanya 12 siswa atau hanya 48% dari keseluruhan siswa
sebanyak 25 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) pada kompetensi dasar
Mengidentifikasi dan Menggunakan Alat-alat ukur mekanik menggunakan model
pembelajaran Scientific pada siswa kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan)
SMK Tunas Pelita Binjai.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR (Teknik Kendaraan
Ringan) SMK Tunas Pelita Binjai T.A 2015/2016 sebanyak 25 siswa. Pelaksanaan
tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus pembelajaran dilakukan
dua kali pertemuan. Dalam pelaksanaan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berupa pilihan berganda serta
lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Alat pengumpul data yang digunakan
adalah berupa soal pilihan berganda sebanyak 10 soal dan lembar observasi
aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar siswa diketahui dari kemampuan siswa
mengerjakan soal setelah proses belajar mengajar sebagai tes 1 pada siklus I dan
tes 2 pada siklus II. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siklus I
adalah 58.4 dengan ketuntasan belajar klasikal 36% sedangkan nilai rata-rata hasil
belajar pada siklus II adalah 79.2 dengan ketuntasan klasikal 92 %. Hasil
observasi aktivitas guru dari 72.72% pada siklus I menjadi 81.81% pada siklus II.
Hasil observasi aktivitas siswa dari 58.4% pada siklus I menjadi 70.8% pada
siklus II. Dari data-data yang didapat menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) di kelas X TKR SMK Tunas
Pelita Binjai Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 077 |
Keywords: | Hasil Belajar; Penelitian Tindakan Kelas; Scientific |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 02:27 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21687 |