Sagala, Wardijon (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN TA 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 5123121030 COVER pdf.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2.NIM 5123121030 APPROVAL SHEET pdf.pdf - Published Version
Download (857kB) | Preview
3. NIM 5123121030 ABSTRACT pdf.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM 5123121030 PREFACE pdf.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5.NIM 5123121030 TABLE OF CONTENT pdf.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM 5123121030 TABLE pdf.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM 5123121030 APENDICES pdf.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8.NIM 5123121030 BAB I pdf.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
12.NIM 5123121030 BAB V pdf.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13.NIM 5123121030 BIBLIOGRAPHY pdf.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika
teknikdi kelas X SMK Negeri 2Medan TP. 2016/2017.Penelitian ini juga bertujuan
untuk mengetahui aktivitas siswa dalam bidang keterampilan sosial.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah
seluruh siswa kelas XSMK Negeri 2Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara simplerandomsampling dengan mengambil 2 kelas
dari 4 kelas secara acak yaitu kelas XTP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XTP 3
sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 32 orang dan kelas kontrol
berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa
adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 24 soal. Kelas
eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dan
kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional.
Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu
nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 26,30 dengan standar deviasi 10,81 dan nilai
rata-rata pretest kelas kontrol 26,17 dengan standar deviasi 11,31. Pada pengujian
data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan
homogen. Hasil uji t post test diperoleh bahwa thitung = 2,96>ttabel =2,0006, sehingga
maka Ha diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe
TPSterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik di kelas XSMK
Negeri 2 Medan TP. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 069 |
Keywords: | :Hasil Belajar;Kooperatif tipe TPS;Mekanika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 02:14 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21685 |