Sitorus, Chandra Aditia (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5103121011. COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. NIM. 5103121011. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
03. NIM. 5103121011. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
04. NIM. 5103121011. PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
05. NIM. 5103121011. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
06. NIM. 5103121011. TABLE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
07. NIM. 5103121011. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
08. NIM. 5103121011. APPENDINCES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
09. NIM. 5103121011. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 5103121011. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM. 5103121011. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada
kompetensi mengenal besaran vector, sistem satuan dan hukum newton. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik
Mesin Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas
X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Medan T.A 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TP 2 SMK Negeri 2 Medan, yang
berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran Quantum
Teaching. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi
Pengetahuan Dasar Teknik Mesin. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan postes dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis
data hasil belajar siklus I diperoleh persentase aktifitas belajar siswa sebesar
71,87% dan nilai rata rata hasil belajar siswa sebesar 74,06 dengan persentase
ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 56,25%. Pada siklus II yang
merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil
tes belajar diperoleh persentase aktivitas belajar siswa sebesar 84,37% dan nilai
rata rata hasil belajar siswa sebesar 82,40 dengan ketuntasan hasil belajar siswa
secara klasikal yaitu sebesar 90,62%. Dikarenakan kelas telah mengalami
peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar mengenal besaran vektor,sistem
satuan dan hukum newton
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 089 |
Keywords: | Hasil Belajar ;Pengetahuan Dasar Teknik Mesin; Model Pembelajaran Quantum Teaching. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 02:01 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21683 |